Oracle Database Administrator (DBA) Tugas dan Wewenangnya

Oracle Database Administrator Tugas dan Wewenangnya – Database SQL. Pengertian database administrator adalah seseorang yang

Oracle Database Administrator Tugas dan WewenangnyaDatabase SQL. Pengertian database administrator adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab terhadap penanganan seluruh database yang ada di dalam suatu organisasi.



#A. Tugas-Tugas Umum Oracle Database Administrator

Sebagai seorang Oracle DBA, Anda dapat terlibat dalam tugas-tugas umum oracle database administration berikut ini:

1 Menginstall perangkat lunak Oracle Database

2 Membuat dan membangun database Oracle Database

3 Melakukan upgrade dari database dan perangkat lunak untuk versi rilis yang baru

4 Start dan stop database Oracle

5 Mengelola struktur penyimpanan database oracle

6 Mengelola pengguna dan keamanan di database oracle

7 Mengelola object schema, seperti tabel, indeks, dan view

8 Membuat backup database Oracle dan melakukan pemulihan / restore database bila diperlukan

9 Proaktif memantau kesehatan database oracle dan mengambil tindakan preventif atau korektif yang diperlukan

10 Monitoring dan tuning kinerja database oracle

Dalam lingkungan untuk database kecil sampai menengah, Anda mungkin menjadi satu-satunya orang yang melakukan tugas-tugas ini. Dalam skala besar database Oracle, lingkungan perusahaan, pekerjaan sering dibagi menjadi beberapa database administrator (DBA), masing-masing dengan spesialisasi mereka sendiri, seperti security database atau database tuning.


Oracle Database Administrator Tugas dan Wewenangnya


#B. Tugas Lain Oracle Database Administrator 

Beberapa lagi yang dapat dilakukan sebagai seorang oracle DBA adalah:

1 Sebuah tugas yang sangat mendasar adalah untuk menambah user di Oracle.

2 Salah satu tugas yang paling penting adalah untuk membangun dan melakukan Backup Database Oracle. Tanpa itu, Anda menjalani hidup yang berbahaya ...

3 Sebagai Oracle DBA profesional, setelah prosedur backup dilakukan, mari kita berharap agar anda tidak akan pernah perlu melakukan restore Oracle Database. 

4 Jika Anda perlu, Anda dapat mengekspor oracle database sebagian saja, atau oracle database secara keseluruhan, untuk flat file menggunakan Oracle Ekspor. Memiliki fitur yang bagus, tapi sangat kuno.

5 Setelah Anda melakukan Ekspor Database Oracle, Anda dapat menggunakan fungsi Oracle Impor untuk memuat data ke database oracle lain. Fitur yang sangat berguna, tetapi karena dengan Oracle Ekspor: sebuah metode yang agak kuno. Namun, metode ini sudah bisa membantu memudahkan pekerjaan oracle database administrator.

Beberapa tabel yang ada di database oracle mungkin berisi jutaan baris, dan kinerja dapat menjadi lambat. Sebuah solusi yang baik untuk Oracle DBA mungkin untuk membagi tabel tersebut ke dalam Oracle Database Partition.

Alih-alih secara manual memulai tugas database yang berbeda, seorang Oracle DBA dapat mengotomatisasi seluruh proses dengan menggunakan Oracle Scheduler.

Dalam rangka untuk melakukan Oracle database backup dan restore, Anda perlu memiliki Redo log dan running. 


#C. Detil Oracle database Administrator Tugas dan Wewenangnya


Untuk Detil Tugas dan penjelasan untuk Oracle Database Administrator bisa di jabarkan sebagai berikut :

Tugas 1: Evaluasi Hardware Server untuk Oracle Database 

Tugas 2: Instal Oracle Database Software

Tugas 3: Melakukan Perencanaan Oracle Database

Tugas 4: Start dan Stop Oracle Database

Tugas 5: Back Up Database Oracle

Tugas 6: Mendaftarkan Sistem Pengguna / User di dalam Oracle Database

Tugas 7: Menjalankan dan Mengimplementasikan Design Oracle Database

Tugas 8: Melaksanakan Fungsionalitas Back Up Oracle Database Sepenuhnya 

Tugas 9: Melakukan Tuning Kinerja Oracle Database

Tugas 10: Download dan Instal Patch

Tugas 11: Roll Out ke Host Tambahan


Oracle Database Administrator Tugas dan Wewenangnya


Tugas 1: Evaluasi Server Hardware Oracle Database 

Mengevaluasi bagaimana Oracle Database dan juga aplikasi terbaik anda dapat menggunakan sumber daya yang tersedia. Evaluasi untuk server Oracle Database ini harus mengungkapkan informasi berikut:
  • Berapa banyak disk drive yang tersedia untuk produk Database Oracle
  • Berapa banyak, jika ada, tape drive dedicated yang tersedia untuk produk Database Oracle
  • Berapa banyak memori yang tersedia, sebagai contoh dari Oracle Database yang akan anda jalankan (lihat dokumentasi konfigurasi sistem anda)


Tugas 2: Install Oracle Database Software

Sebagai oracle database administrator, Anda diharapkan mampu menginstal perangkat lunak server database oracle dan tool front-end serta aplikasi terkait yang mengakses oracle database. Dalam beberapa instalasi pengolahan terdistribusi, database dikendalikan oleh komputer pusat (server database) dan database tool dan aplikasi yang dijalankan pada komputer remote (klien). Dalam hal ini, Anda juga harus menginstall komponen Oracle Net yang diperlukan untuk menghubungkan mesin remote (client) ke komputer yang menjalankan Oracle Database.

Tugas 3: Melakukan Perencanaan Oracle Database

Sebagai oracle database administrator, Anda harus merencanakan:
  • Struktur penyimpanan logis dari database
  • Desain database secara keseluruhan
  • Sebuah strategi cadangan untuk database


Hal ini penting untuk merencanakan bagaimana struktur penyimpanan logis dari database akan mempengaruhi kinerja sistem dan berbagai operasi manajemen oracle database. Misalnya, sebelum membuat setiap tablespace untuk oracle database Anda, Anda harus tahu berapa banyak datafile yang akan membentuk tablespace tersebut, apa jenis informasi yang akan disimpan di setiap tablespace, dan pada disk yang mana datafile akan disimpan secara fisik. Ketika merencanakan penyimpanan logis keseluruhan struktur oracle database, penting untuk memperhitungkan efek bahwa struktur ini akan dimiliki ketika oracle database production di create dan dijalankan. 

Pertimbangkan bagaimana struktur penyimpanan logis dari oracle database yang dijalankan akan mempengaruhi:
  • Kinerja komputer ketika mengeksekusi atau menjalankan Oracle Database
  • Kinerja database selama operasi akses data
  • Efisiensi backup dan prosedur restore untuk oracle database


Rencana desain relasional dari objek database dan karakteristik penyimpanan untuk masing-masing object tersebut. Dengan perencanaan hubungan antara masing-masing objek dan penyimpanan fisik sebelum dibuat, Anda dapat secara langsung mempengaruhi kinerja oracle database sebagai satu unit. Pastikan untuk merencanakan pertumbuhan database.

Dalam lingkungan database terdistribusi, tahap perencanaan ini sangat penting. Lokasi fisik dari data yang sering diakses secara dramatis mempengaruhi kinerja dari sisi aplikasi.

Selama tahap perencanaan, cobalah untuk mengembangkan strategi backup untuk oracle database. Anda dapat mengubah struktur penyimpanan logis atau desain oracle database untuk meningkatkan efisiensi backup.

Hal ini di luar cakupan artikel ini untuk membahas desain database relasional dan didistribusikan. Jika Anda tidak akrab dengan masalah desain seperti itu, silakan lihat pengantar dan pelajaran ilmu database (ilmudatabase.blogspot.com).

Tugas 4: Start dan Stop Oracle Database

Setelah Anda menyelesaikan desain oracle database, Anda dapat mulai membuat / menginstall oracle database dan membukanya untuk penggunaan normal. Anda dapat membuat oracle database pada saat instalasi, menggunakan Asisten Konfigurasi Database, atau Anda dapat menyediakan skrip Anda sendiri untuk membuat database.

Tugas 5: Back Up Database Oracle

Setelah Anda membuat struktur database, melaksanakan strategi backup yang Anda rencanakan untuk oracle database anda. Menciptakan tambahan file log redo, mengambil backup database full (online atau offline) saat pertama kali, dan jadwal backup database dengan masa secara berkala.

Tugas 6: Mendaftarkan Sistem Pengguna / User di dalam Oracle Database

Setelah Anda membangun struktur oracle database, Anda dapat mendaftarkan pengguna database sesuai dengan perjanjian lisensi Oracle Database Anda, dan memberikan hak istimewa dan peran yang tepat untuk para pengguna.

Tugas 7: Menjalankan dan Mengimplementasikan Design Oracle Database

Setelah Anda membuat dan menjalankan database, dan mendaftarkan para pengguna sistem, Anda dapat menerapkan database struktur logis yang telah direncanakan dengan menciptakan semua tablespace yang diperlukan. Bila Anda telah selesai membuat tablespace, Anda dapat membuat objek database.

Tugas 8: Melaksanakan Fungsionalitas Back Up Oracle Database Sepenuhnya

Ketika database sudah diterapkan secara keseluruhan, lakukan backup oracle database lagi. Selain penjadwalan backup oracle database secara teratur, Anda harus selalu membuat backup oracle database Anda segera setelah menerapkan perubahan struktur database.

Tugas 9: Melakukan Tuning Kinerja Oracle Database

Mengoptimalkan kinerja oracle database adalah salah satu tanggung jawab yang menjadi tanggung jawab Anda sebagai seorang Oracle Database Administrator atau DBA. Oracle Database menyediakan fitur manajemen sumber daya database yang membantu Anda untuk mengontrol alokasi sumber daya di antara berbagai kelompok pengguna.

Tugas 10: Download dan Install Patch

Setelah instalasi, maka secara teratur, men-download dan menginstal patch. Patch yang tersedia sebagai patch interim tunggal dan sebagai patchsets (atau patch berdasarkan rilis). Patch sementara mengatasi bug perangkat lunak individu dan mungkin tidak diperlukan di instalasi Anda. Rilis Patch adalah koleksi perbaikan bug yang berlaku untuk semua pelanggan. Rilis patch yang memiliki nomor rilis. Misalnya, jika Anda menginstal Oracle Database 10.2.0.0, rilis patch pertama akan memiliki sejumlah rilis 10.2.0.1.

Tugas 11: Roll Out ke Host Tambahan

Setelah Anda memiliki instalasi Oracle database yang sudah dikonfigurasi dengan benar, disetel, ditambal, dan diuji, Anda mungkin ingin mengembangkan instalasi yang tepat untuk host lain. Alasan untuk melakukan hal ini adalah sebagai berikut:
  • Anda memiliki beberapa sistem oracle database produksi.
  • Anda ingin membuat pengembangan dan pengujian sistem yang identik dengan sistem produksi Anda.
  • Alih-alih memasang, tuning, dan patching pada setiap host tambahan, Anda dapat mengkloning Oracle instalasi database Anda ke host lain, menghemat waktu dan menghilangkan inkonsistensi. 


Ada dua jenis kloning tersedia untuk Anda:

1  Kloning Oracle home-Just binari yang dikonfigurasi dan ditambal dari direktori home Oracle dan subdirektori akan disalin ke host tujuan dan "tetap" untuk dapat menyesuaikan dengan lingkungan baru. Anda kemudian dapat memulai sebuah contoh dengan ini kloning home dan membuat database.
Anda dapat menggunakan Enterprise Manager Clone Oracle sebagai tool untuk mengkloning sebuah home Oracle untuk satu atau lebih tujuan host. Anda juga dapat secara manual mengkloning sebuah home Oracle menggunakan satu set script yang disediakan dan Oracle Universal Installer.

2  Kloning database-database, termasuk file database, parameter inisialisasi, dan sebagainya, yang dikloning ke Oracle home yang ada (mungkin home kloning).

Anda dapat menggunakan Enterprise Manager tool Clone database untuk mengkloning sebuah instance database Oracle untuk Oracle home yang ada.

Database SQL

COMMENTS

Name

Database Administrator Database Tips Design Database Error Oracle Database Ilmu Database MySQL News Oracle Oracle Database Oracle Tips Top Database Tutorial Database Tutorial HTML Tutorial Javascript Tutorial Mobile Apps Tutorial PHP Tutorial SQL Tutorial Web Tutorial Web Development
false
ltr
item
Database SQL: Oracle Database Administrator (DBA) Tugas dan Wewenangnya
Oracle Database Administrator (DBA) Tugas dan Wewenangnya
Oracle Database Administrator Tugas dan Wewenangnya – Database SQL. Pengertian database administrator adalah seseorang yang
https://1.bp.blogspot.com/-98e8Ii8Rwr8/VyK-BrBc-GI/AAAAAAAAAak/7B8buB3RwrsXRj51QTnRyf-lBfwq-zIQQCLcB/s400/database_administrator_opt.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-98e8Ii8Rwr8/VyK-BrBc-GI/AAAAAAAAAak/7B8buB3RwrsXRj51QTnRyf-lBfwq-zIQQCLcB/s72-c/database_administrator_opt.jpg
Database SQL
https://www.databasesql.net/2016/04/Oracle-Database-Administrator-DBA-Tugas-dan-Wewenangnya.html
https://www.databasesql.net/
https://www.databasesql.net/
https://www.databasesql.net/2016/04/Oracle-Database-Administrator-DBA-Tugas-dan-Wewenangnya.html
true
8766756895649502082
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy